perjalanan dari malang ke jogja

Perjalanan Seru Dari Malang Ke Jogja : Petualangan Kami 8 Juni 2024

Pagi itu,suasana rumah penuh dengan semangat dan antusiasme.Kami sekeluarga sudah bersiap untuk melakukan perjalanan ke Jogja.Meskipun liburan sekolah belum di mulai,kami berencana liburan dulu setelah anak anak menyelesaikan ujian di sekolahnya masing masing.

Perjalanan ke Jogja,sudah kita putuskan untuk berangkat pagi pagi sekali supaya dalam perjalanan dapat dinikmati dengan santai dan sampai di tujuan tanpa tergesa gesa.Tempat wisata pertama nantinya yang akan kita tuju adalah Candi Prambanan.

Jarum jam menunjukan pukul 05.30 WIB ketika kami mulai bergerak dari rumah. Udara pagi yang segar dan sejuknya semilir angin menambah suasana makin menyenangkan. Dengan persiapan yang sudah kita lakukan malam sebelumnya,kami langsung menuju ke arah pintu Tol singosari yang sebelumnya mampir di SPBU KarangLo untuk mengisi BBM.

Jarak dan Biaya Tol Dari Malang Ke Jogja

Perencanaan kami untuk liburan ke Jogja sebenarnya bisa di bilang terlalu mendadak,hanya persiapan sehari saja kami memutuskan untuk mengambil liburan lebih awal,setelah anak anak sekolah menyelesaikan ujiannya.

Dari Malang menuju jogja jika saya lihat melalui google maps Jarak yang harus di tempuh sekitar 394km dengan waktu kurang lebih 5 jam 39 menit.Rute yang kita pilih adalah melewati jalan tol mulai dari pintu masuk tol Malang singosari sampai nantinya keluar di tol Salatiga.

Jarak Dari Malang ke Jogja Lewat jalan Tol

Saya memilih untuk lewat tol karena dalam perjalanan dari Malang ke Jogja memiliki waktu tempuh yang lebih cepat dari pada kami harus melewati jalur non tol.Tentunya saya juga persiapkan untuk isi saldo kartu tol senilai 800 ribu rupiah untuk perjalanan PP dari Malang ke Jogja dan sebaliknya.dan saldo saya sebelumnya masih 39rb.

Saat jarum jam menunjukkan pukul 11 an siang,kita sudah mulai keluar tol di Sukoharjo dan saldo kartu tol tersisa 459 ribuan.Jabi biaya masuk tol perjalanan saya dari tol Singosari Malang sampai di exit tol Sukoharjo sekitar 380 ribu rupiah

Pemandangan Jalan Tol malang – Jogja

Masuk ke jalan tol,perjalanan terasa begitu lancar.Pemandangan hijau dan suasana jalan tol yang relatif sepi di pagi hari membuat perjalanan ini semakin menyenangkan. Meskipun bangun pagi-pagi untuk berangkat,Braga masih terlihat asyik bermain dengan smartphone nya di bangku kedua. Berbeda dengan kakaknya yang memang malam sebelumnya mengalami sakit perut,dalam perjalanan tidur di bangku ketiga.

Sekitar pukul 07.15 WIB,kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di rest area tol Jombang – Kertosono. Rest area ini meskipun tidak terlalu besar, namun cukup nyaman dan memiliki fasilitas yang memadai. Kami semua keluar untuk meregangkan kaki,menggunakan kamar kecil dan menikmati sarapan ringan yang sudah disiapkan oleh istriku.

Setelah beristirahat dan merasa segar kembali,kami melanjutkan perjalanan.kali ini,gantian istriku yang menjadi sopir.Aku pindah ke kursi penumpang depan dan menikmati pemandangan dengan lebih santai.Istriku mengemudi dengan tenang dan percaya diri,melewati tol dengan lancar.

Dari rest area Jombang – Kertosono sampai rest area di daerah Ngawi berlangsung dengan mulus.Istriku membawa mobil dengan kecepatan yang nyaman,sehingga kami bisa menikmati setiap momen perjalanan. Pemandangan yang dilalui pun terus berubah,dari hamparan sawah yang luas sepanjang melewati kota Nganjuk hingga perbukitan yang indah di wilayah Caruban.

kami sampai di rest area Ngawi sekitar pukul 08.30 WIB.Rest area ini lebih besar dari rest area sebelumnya,namun masih banyak pengerjaan bangunan yang belum selesai.Kami memutuskan untuk berhenti sejenak,menghirup udara segar dan meregangkan kaki lagi sebelum melanjutkan perjalanan dari Malang menuju Yogyakarta.Aku kembali mengambil alih kemudi setelah kami selesai beristirahat.

Dengan semangat yang masih tinggi,kami melanjutkan perjalanan menuju Jogja.Tol yang kami lewati menawarkan pemandangan yang terus berubah,dari hamparan sawah hingga pegunungan di kejauhan.Perjalanan ini terasa begitu cepat karena kami benar benar menikmati setiap momennya.

Menuju Candi Prambanan

Tak terasa,kami sudah mencapai tol sukoharjo.Dari sana,kami keluar dan langsung melanjutkan perjalanan menuju Candi Prambanan,melewati kota Klaten yang saat itu lalu lintas lumayan ramai.Jalanan sedikit lebih padat jika dibandingkan jalan tol,tapi itu tidak mengurangi semangat kami untuk segera tiba di tujuan.

perjalanan dari malang ke jogja

Akhirnya,pada pukul 11.10 WIB,kami sudah tiba di Candi Prambanan.Keindahan candi yang megah dan suasana sekitar yang begitu tenang membuat rasa lelah kami selama perjalanan hilang seketika.Kami semua nampak terpukau dengan stuktur candi yang menjulang,dan kami semua merasa sangat senang bisa mengunjungi salah satu situs bersejarah yang terkenal di Indonesia.

Dari pemahaman ku selama ini,Candi Prambanan ini terletak di daerah Jogja.Namun setelah sampai di lokasi,saya menjadi bingung.Dalam satu sisi wilayah ini sebenarnya masuk di Kab.Klaten.Namun dari pembicaraan saya dengan orang yang menyewakan paying di sekitar halaman parkir wisata Candi Prambanan ini masuk di wilayah Kab.Sleman.

Perjalanan dari Malang ke Jogja ini benar benar menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi kami sekeluarga.Dari jalan tol yang lancar,Rest area yang nyaman,hinga tiba di Candi Prambanan yang memukau,semua menjadi bagian dari cerita seru yang akan kami kenang.